Senin, 18 Oktober 2010

Deman Berdarah Dengue

Dengue adalah penyakit yang paling umum virus nyamuk manusia yang dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi masalah kesehatan utama masyarakat internasional. Secara global, 2,5 miliar orang tinggal di daerah di mana virus dengue dapat ditransmisikan. Penyebaran geografis dari kedua vektor nyamuk dan virus telah menyebabkan kebangkitan global epidemi demam berdarah dan munculnya demam berdarah dengue (dengue / DBD) dalam 25 tahun terakhir dengan perkembangan di pusat-pusat perkotaan hiperendemisitas banyak daerah tropis.

Ditularkan oleh vektor utama, nyamuk Aedes aegytpi, ada empat yang berbeda, namun berkaitan erat, virus yang menyebabkan demam berdarah. Pemulihan dari infeksi oleh satu memberikan kekebalan seumur hidup terhadap serotipe itu, tetapi hanya menganugerahkan perlindungan parsial dan sementara terhadap infeksi berikutnya oleh tiga lainnya. Ada bukti yang bagus bahwa infeksi sekuensial meningkatkan risiko penyakit yang lebih serius menyebabkan DBD.

DBD pertama kali diakui pada tahun 1950 selama wabah demam berdarah di Filipina dan Thailand. Pada tahun 1970 sembilan negara telah mengalami epidemi DBD dan sekarang, jumlahnya sudah meningkat lebih dari empat kali lipat dan terus meningkat. Hari ini muncul kasus DBD yang menyebabkan epidemi demam berdarah meningkat di Amerika, dan di Asia, dimana semua empat virus dengue adalah endemik, DBD telah menjadi penyebab utama rawat inap dan kematian di antara anak-anak di beberapa negara.

Saat ini pengendalian vektor adalah metode tersedia untuk demam berdarah dan pencegahan DBD dan pengendalian tetapi penelitian tentang vaksin berdarah untuk penggunaan kesehatan masyarakat sedang dalam proses. Strategi global untuk dengue / DBD pencegahan dan pengendalian yang dikembangkan oleh WHO dan perumusan strategi regional di Amerika, Asia Tenggara dan Pasifik Barat selama tahun 1990 telah memfasilitasi identifikasi prioritas utama: memperkuat surveilans epidemiologi melalui penerapan DengueNet; dipercepat pelatihan dan penerapan pedoman WHO manajemen standar klinis untuk DBD; mempromosikan perubahan perilaku pada tingkat individu, rumah tangga dan tingkat masyarakat untuk meningkatkan pencegahan dan pengawasan; dan penelitian mempercepat pengembangan vaksin, interaksi inang-patogen, dan pengembangan tools / intervensi dengan memasukkan demam berdarah dalam portofolio penyakit TDR (UNDP / Bank Dunia / WHO Program Khusus untuk Riset dan Pelatihan di Penyakit Tropis) dan IVR (WHO Initiative for Vaccine Research).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar